Minggu, 18 November 2012

Pertemuan keempat



Jujur gw lupa kapan pertemuan keempat ini. Kalo ga salah ni ya, kalau ga salah, waktu itu yang jelas Ultramen udah punya motor. Jadi janjian di perpus gitu, gw udah dateng duluan kan. Nah dia pas dateng trus sms kalo dia udah di luar. Nah pas gw keluar dia sok-sok an gitu diatas motor. Motor dan helm nya warna merah. Ckckckck… itu kayaknya sorean gitu, eh apa siang ya.. gw lupa. Trus gw keluar gitu kan nyamperin dia.

“cie cie.. motor baru…”
Dari mukanya dia ga ngerti gw ngomong apa. “motor ini tua..”
“kenapa”
“tidak bagus”

Gw masih ga ngerti ga bagusnya dimananya. Dari tampangnya ni motor kayaknya baik-baik aja. Mio merah, ya terlihat masih baik kok. Baru beberapa kali jalan sama dia gw baru ngeh kalo ternyata motor itu agak kurang laju kalo di gas pol. Ya pokoknya tua lah kata Ultramen.

Trus kita masuk ke dalam perpus dan dia awalnya cuma mau parkir sembarangan gitu.

“eh jangan parkir disini, disana…” sambil nunjuk ketempat parkir yang sebenernya cuma beberapa meter dari situ.

“tidak boleh disini?”
“ga tau, kayaknya tidak boleh”

Trus ada bapak-bapak lewat gitu di depan kita. Dia senyum ke arah kita dan gw langsung nanya aja, “Pak, boleh parkir disini ga sih?”

“boleh kayaknya, ga apa-apa kok”

Dalam hati gw bilang iyalah, kan Ultramen orang asing, makanya lu bilang boleh. Jujur gw ga suka diskriminasi—diskriminasi gitu antara orang asing sama orang Indonesia. Trus bapak itu nanya sambil nunjuk ke Ultramen “orang mana?”

“mahasiswa Jepang Pak”
Akhirnya motor diparkir disitu aja. Yaudahlah.
Kita masuk dan ngobrol-ngobrol sambil belajar-belajar juga. Pas udah jam 6an gitu, kita putusin buat makan malam. Awalnya kita mau ke café di benteng vedernburg. Ultramen sih yang ngajakin. Dia cuma bilang dia mau makan di café di malioboro. Gw ga tau kalo yang dimaksud itu di café indisce yang di vedenberg. Gw juga belum pernah sih ke tempat itu cuman Mba Ari, temen gw, pernah ngajakin kesana tapi belum jadi-jadi.

Nah kita ke malioboro lah. Sampai di jalan malioboro gw nanya lagi ke Ultramen dia atas motor
“masih jauh?”
“sedikit”

Trus pas di depan vedenbburg dia belok masuk ke pekarangannya. Sampe di depan pintu gerbang eh ternyata pintu gerbangnya tutup. Gw masih inget itu hari senin. Akhirnya gw turun dan nanya ke mas-mas tukang parkir.

“mas, café yang di dalam tutup ya?”
“iya mba, kalo senin tutup”

Dan gw langsung nyamperin Ultramen lagi dan bilang kalo hari senin café nya tutup. Dia agak-agak kecewa sih.

“kamu putus asa?” gw pake kata putus asa, karena dia pernah belajar kata ini.
“tidak…” tapi masih dengan wajah kecewa
“mau makan dimana?” dia ngomong lagi sambil bingung, “di raminten?”
“enggak… karena itu restoran 24 jam, tidak bagus”. Jadi gw pernah nawarin ke dia kalo raminten itu bagus. Tempat makan dengan gaya Jawa banget. Tapi pas gw bilang bukanya 24 jam, dia langsung nolak, dia bilang kalo restoran 24 jam itu tidak bagus, karena makanannya ga seger lagi. Yaudah berarti gw dan dia ga akan pernah ke raminten. Dan mungkin gw juga ga akan pernah ke raminten lagi. Hahhaha…

Akhirnya kita putusin buat ke gejayan, kemarin dia makan di nanamia dan dia lumayan suka katanya. Kita ke daerah sana karena di kiri kanan nanamia ada banyak restoran, mungkin ada yang bagus.

Sampe di deket nanamia, ada satu tempat makan yang lumayan rame. kita berhenti di depannya. Dan gw berinisiatip buat nanya dulu ke tukang parkir ini jual apa. Pas gw nanya ternyata itu restoran vegetarian. Trus gw bilang ke Ultramen dan di luar dugaan gw dia sangat antusias dan mau makan disitu. Gw langsung agak-gak mikir sih. Sebelumnya gw ga pernah sama sekali masuk ke tempat makan vegetarian. Jadi gw ga ada bayangan apa aja menunya. Paling gw mikirnya sayur, sayur dan sayur. Sampe di dalam eh ternyata ada mie-mie juga. Gw kaget dong, kenapa mie jadi menu vegetarian. Ada ayam juga ternyata, ikan, seafood. Ternyata yang bikin beda, bumbu-bumbunya. Karena dari beberapa kali gw kesitu gw ga bisa makan dengan rasa yang enak. Menurut gw rasanya agak aneh. Entah ada bumbu yang berlebihan atau bumbu yang kurang. Pokoknya pas makan disitu mungkin cuma sekali gw habisin makanan. Itupun dengan paksaan.

Nama restorannya Loving Hut. Restorannya selalu rame. Banyak anak mudanya juga, orang tua, bahkan banyak bule-bule. Pas pertama makan disitu, gw lupa mesen apa. Dan gw juga lupa dia mesen apa. Yang jelas kita makan aja. Restorannya sih ga terlalu besar. Dan biasa aja sih. Kata “restoran” kayaknya terlalu berlebihan. Tapi bukan warung juga. Kalo menurut Ultramen, itu restoran, karena menurut dia definisi warung itu kayak angkringan, gerobak-gerobak gitu, burjo, pokoknya makanan-makanan yang ga sehat. Makanya dia sering bilang ke gw dia jarang sekali makan di warung karena makanannya ga sehat. Sebenernya bukan karena sombong sih dia kayak gitu, awalnya gw juga mikir songong banget ni orang, tapi pas dia jelasin kalo makanan sehat itu hal yang paling penting walaupun agak sedikit mahal, karena kalo kita sakit uang yang keluar akan lebih banyak. Dia juga pernah bilang kalo dia jarang sakit. Kalaupun sakit dia ga akan dan belum pernah minum obat. Cukup dengan istirahat, karena menurut dia tubuh manusia itu bisa menyembuhkan dirinya sendiri. Ya gw juga mikir gitu sih, cuman gw adalah orang yang paling parno kalo udah radang-radang dikit. Langsung gw minum paracetamol. Hmm…  Gw udah mulai melihat perbedaan gw dan dia nih.

Sehabis makan di loving hut, dia ngajakin ke café. Jadi pas waktu ke vedenburg tadi, kita ngelewatin toko baju yang dia pernah beli baju disana, namanya Omah mode. Nah di deket omah mode itu ada café. Gw belum pernah kesana sih, dia juga. Trus dia ngajakin kesanalah. sumpah gw seneng banget dong. Kita kesana dan di parkiran terjadi lagi diskriminasi yang gw benci. Dia parkir sembarangan gitu. Mungkin dia ga berniat parkir sembarangan, mungkin karena dia ga tau harus parkir dimana dan bagaimana. Trus dia berentiin motor sembarangan aja kan, dan masnya tukang parkir malah snyum-senyum aja dan bilang ga papa. Heh… mana ada cewek lagi disitu. Dan pake nanya ke gw “orang mana mba?” sambil neglirik ke Ultramen

“orang Jepang”
Gw langsung narik Ultramen buat cepetan masuk.

Kita milih tempat duduk yang diluar, ya karena di dalam juga udah penuh sih. Trus diluar agak-agak romantis gitu. Cieh… pertamanya kita duduk yang dipekarangannya gitu kan. Itu totally romantic sih, tapi karena bb gw udah lowbet dan gw harus ngecas akhirnya kita pindah agak kedepan, di terasnya gitu yang deket colokan. Dia sih oke oke aja.

Pas pesen gitu gw baru ngeh klao café itu namanya Frank wurst. Gw ga tau artinya apaan. Hahahha.. dan menunya sih oke-oke ya.. ada sosis, steak, pasta-pasta, enak –enaklah dan harganya lumayan-lumayan mahal juga sih. café keluarga gitu lah. Bukan cuma anak muda aja kesana, tapi juga banyak ibu-ibu yang bawa baby nya.

Akhirnya gw pesen semacam kopi gitu. Gw lupa entah capucino entah apa, dan dia juga mesen kopi-kopian gitu, kalo gasalah hazelnut gitu.

Dia punya kebiasaan yang lucu sih menurut gw. Jadi kalo orang ke café atu minum apa kek gitu entah kopi entah jus, minumnya dikit-dikit gitu kan. Bahkan gw pernah denger  kalo di Medan itu orang minum kopi di warung kopi bisa sampe 5 jam untuk 1 gelas kopi karena di selingi dengan ngobrol-ngobrol. Nah si Ultramen ini kalo minum, ga kopi, nggak jus. Langsung sekali atau dua kali teguk. Pokoknya langsung habis gitu baru trus ngobrol. Gw ga tau itu kebiasaan dia doang atau kebiasaan orang Jepang. Atau mungkin bukannya kalo orang minum alkohol juga kayak gitu ya. Sekali teguk gitu, ah entahlah, gw belum sempat nanya ke dia. Tapi dia pernah nanya ke gw waktu itu di café parsley kalo gasalah, gw kan pesen jus jambu gitu dan lama banget habisnya. Kita dateng tu sore. Trus pas jam 6an gitu kita pesen makan malem disitu juga, nah jus jambu gw tuh belum habis. Dan dia nanya kenapa gw kalo minum lama banget. Gw ketawa aja, dalam ati gw bilang, elo yang aneh, minum lo kecepetan.

Di frunk wurst itu dia sempet bilang ke gw kalo dia seneng banget. Karena dia habis makan di restoran yang bagus, dan sekarang minum di café yang bagus. Bagus dalam artian berkualitas lah ya. Gw seneng dong ngedengernya. Gw ngerasa jadi pahlawan makan malam dia hari itu. Trus gw langsung bilang

“tos.. tos..”

sambil ngadepin lima jari gw ke depannya, dia gak bingung gitu. Trus gw bilang “give me five” baru dia ngerti. Malam itu juga untuk pertama kalinya dia bicara soal impian-impiannya. Soal kenapa dia ada di Indonesia. Pokoknya soal-soal yang serius. Dan itu juga pertama kalinya gw ngerasa dia beneran umur 30 tahun. Hahahha.. jadi selama ini?

Dia bicara soal hal-hal yang serius. Soal perbandingan kerja, pendidikan, kapitalisme, banyak hal lah pokoknya. Bahkan sampai pada mungkin terlalu berlebihan kalo gw bilang, merubah dunia. Ya mungkin gw yang salah denger atau gw yang salah ngartiin, kayaknya dia pernah bilang kalo dia ingin merubah dunia. Untuk ukuran gw yang emang ga pinter-pinter amat, bahkan bodoh, gw ga nyampe sih dengan cara berpikirnya. Kadang-kadang gw salut sama dia tapi kadang-kadng gw juga ngerasa dia agak lebay. Ga taulah … pkoknya pada saat itu pas dia ngomong gw emang antusias banget. Mungkin ini salah satu kelebihan gw juga, gw lebih suka dengerin orang ngomong dari pada ngomong. Makanya banyak orang yang suka tiba-tiba curhat ke gw, bahkan orang yang ga mau curhat bisa tiba-tiba curhat ke gw. Menuurut gw sih, orang yang curhat itu bukan orang yang ingin minta pendapat atau saran, tapi orang yang ingin didengarkan, dan yang mendengarkan adalah harus orang yang antusias. Mendengarkan sih gampang. Kita mainan hape juga bisa kok sambil dengerin. Tapi orang yang antusias itu yang susah. Gw ga tau apakah gw antusias karena itu yang ngomong adalah Ultramen, atau memang gw antusias karena gw emang orangnya antusias. Entahlah.. tapi yang gw rasain adalah keantusiasan itulah yang bikin Ultramen suka cerita apa aja ke gw. ih GR gw…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar